PELUANG BISNIS MENJANJIKAN SEBAGAI SISTEM IMPLEMENTATOR BELUM BANYAK DIKENAL ORANG

PELUANG BISNIS MENJANJIKAN SEBAGAI SISTEM IMPLEMENTATOR BELUM BANYAK DIKENAL ORANG

Sistem implementator sebagai suatu profesi mungkin masih asing di telinga kita, profesi macam apa pula itu, ya profesi dimana kita membantu memberikan solusi untuk menerapkan suatu software ke dalam sistem usaha client kita, mungkin kalau yang sudah banyak dikenal sekarang adalah trainer, dimana sebuah perusahaan software development house, mempunyai karyawan yang memberikan training kepada clientnya, itu mungkin mendekati, tapi ketahuilah sistem implementator lebih menjanjikan dan lebih menggiurkan.
Mari kita bahas ….
Era sekarang yang kita sebut sebagai era digital, hampir semua usaha ataupun kegiatan lainnya berusaha migrasi ke arah digitalisasi, tidak hanya perusahaan besar yang menerapkan ERP nya, namun perusahaan kecilpun tidak mau ketinggalan, kita ambil contoh mini market sudah umum menggunakan software toko, bahkan jual ayam goreng atau laundry pun sudah menggunakan software, sudah masuk ke era digital begitu katanya..
Kita ambil contoh supaya lebih mudah, banyak perusahaan software house menyediakan software untuk perusahaan, paling banyak sekarang software accounting atau software toko, supaya pengusaha dapat menggunakan software tersebut untuk usahanya maka selain membeli software tersebut juga memerlukan trainer, untuk mengajari pengusaha atau karyawannya untuk menggunakannya.
Misalnya anda sebagai trainer , artinya anda adalah karyawan dari perusahaan software tersebut, tahukah anda sebandingkah yang dibayarkan oleh pengusaha untuk software hause  dengan yang anda terima ? tentunya sangat tidak sebanding, banyak untuk perusahaan softwarenya dari yang untuk anda.
Sudah itu anda sangat terikat dengan fitur ataupun modul yang ada di software perusahaan anda, kalau tidak cover ya sudah anda tidak dapat memutuskan sesuatupun, paling pulang dan lapor boss, sementara client tetap dalam ketidak puasannya.
Sekarang bandingkan, misalnya anda lulusan accounting atau manajemen, atau mungkin malahan anda karyawan bagian accounting, tentunya anda pasti menguasai sistem akuntansi di perusahaan tempat anda bekerja, betul ?  Tahukan software yang dipakai perusahaan anda atau mungkin belum menggunakan software, kenapa tidak anda jual keahlian anda ini ? tahu kan maksud saya ? itulah sistem implementator.
Sebagai seorang sistem implementator (SI) anda bertindak selayaknya seorang konsultan, anda dapat berafiliasi dengan perusahaan software tertentu, atau bahkan bebas menggunakan software apapun termasuk anda bangun sendiri, disini kelebihan anda dibanding trainer tadi, bila satu software tidak mengcover maunya si boss , maka anda dapat mencari software lain yang meng cover keinginannya, sampai pada tituk tertentu anda dapat bekerja sama atau membayar programer untuk membangunnya, status anda sekarang sudah seperti perusahaan software house tadi, bukan trainer lagi, bukan karyawan lagi.
Ada lagi kelebihan yang dimiliki seorang SI dibanding trainer tadi, kalau trainer hanya memberikan training sesuai pesanan perusahaan, misalnya 3 hari kerja, kalau anda sebagai SI maka anda dapat memberikan kepuasan lebih kepada client, misalnya anda akan stanby selama 3 bulan, atau 6 bulan atau bahkan 1 tahun, gak cape lah cuman nungguin kalau ada yang nanya, secara online lagi.
Kelebihan lain lagi nanti dalam pengembangannya anda dapat memberikan tantangan kepada client, apa yang dia mau akan dapat dikerjakan oleh anda, tentunya bayarannya jadi beda kan…
Bagaimana saya dapat menceritakan ini ? ya betul karena saya sudah lakukan jadi SI selama 10 tahun, salah satu hasil yang mungkin tidak akan didapatkan bila hanya jadi seorang trainer adalah saya pernah mengimplementasikan sebuah software yang berharga 150 ribu, tapi saya hargai 19 juta tentu saja dengan implemenytasi di lapangan, lagian enak kan piknik gratis .
Oh iya, ada lagi kelebihannya, saat ini saya pegang 4 perusahaan yang bukan main besar dalam waktu yang sama, tentunya anda bayangkan sangat sibuk ya, gak juga tetangga kiri kanan melihat saya sebagai pensiunan, bagaimana tidak, pagi ngantar anak sekolah, jam 10 nyapu halaman, tapi sekali pergi ya cukup lama 1 – 2 minggu.
Ada yang lupa, jangan terikat contoh diatas ya, bidang accounting di atas hanya sekedar contoh saja, yang bener semua bidang sesuai profesi anda bisa di SI kan, silahkan berkreasi sesuai bidang anda masing-masing.
Mau nyoba, silahkan …. rubah main set anda dari pekerja jadi pemberi kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *