RUANG LINGKUP PEKERJAAN MAINTENANCE PERALATAN DI PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI

RUANG LINGKUP PEKERJAAN MAINTENANCE PERALATAN DI PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI

PREVENTIVE MAINTENANCE

Tindakan perawatan yang bersifat pencegahan untuk mengurangi resiko kerusakan dimasa yang akan datang

·        PERIODICAL PREVENTIVE MAINTENANCE 

      Tindakan perawatan yang dilakukan secara periodik rutin, misalnya harian, mingguan atau bulanan 

Daily inspection : pemeriksaan harian yang dilakukan secara rutin sebelum unit mulai beroperasi, pemeriksaan ini dilakukan secara rutin oleh Checker, driver/operator, atau helper/mekanik secara manual dan dicatat pada form daily inspection.

 
Disediakan form entry ( seperti contoh ) dengan item-item diisi oleh user, form baik yang kosong maupun sudah diisi dapat dicetak setiap hari, dan report rekap nya dapat dicetak per periode ( harian/ mingguan / atau bulanan )

PERIODICAL SERVICE
 
Service rutin ini dilakukan setiap periode tertentu misalnya setiap HR 250, 500, 1000 atau KM 5000, 1000 dst
Permintaan service rutin ini berasal dari data GPS yang menunjukkan KM/HM pada angka kelipatan service, penggunakan material supplies berupa paket, misalnya : pada periodical service 10000 KM yang digunakan Oli mesin 6 liter, oli transmisi 3 liter, filter oli mesin 1 unit,  dsb.
 

·         SCHEDULE OVERHOUL

Service berkala yang telah ditentukan waktunya, data yang diambil adalah dari data daily inspection pada kolom tidak baik, pengecekan mekanik, serta perhitungan umur teknis.

Sparepart dan material yang akan dipakai dapat estimasikan dan dialokasikan dahulu dari stock yang adfa di gudang, sehingga pada saatnya tiba sparepart sudah siap dan tidak dipakai oleh unit lain.

·         CONDITIONAL SERVICE

 

Service yang dilakukan karena monitoring misalnya umur teknis suatu sparepart, misalnya bearing harus diganti setiap 30.000 km .

 

·         FABRIKASI

 

Service yang dilakukan untuk menyesuaikan unit dengan kondisi lapangan, misalnya pada dumptruck harus dibuat tambahan pelinding pada bumper depan dan belakang, dsb.

CORRECTIVE MAINTENANCE

·         REPAIR

 

Masalah yang terjadi pada saat opersional, seperti kerusakan, kondisi lingkungan dsb, service jenis ini diajukan oleh operator dengan mengisi FKK ( Form Keluhan Kendaraan )

 

·         BREAK DOWN

 

Service yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi unit, dengan perencanaan waktu dan biaya yang telah ditentukan terlebih dahulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *